Apa itu Backlink ? Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

  • by
Apa itu backlink Pengertian Definisi Arti Manfaat Cara Penggunaan

Halo kembali lagi dengan artikel dari blog SatuSEO.com, pada kesempatan ini kami mencoba menjelaskan mengenai Apa itu Backlink ? Dan apa saja sih jenis serta bagaimana cara kerja dari backlink itu sendiri ? Simak sampai habis ya, dan semoga anda dapat memahami setidaknya secara garis besar dimulai dari definisi hingga bagaimana sih cara dapetin backlink itu. Cekidot…

Apa itu Backlink ?

Jika kita mengacu pada situs halaman dari wikipedia yang membahas mengenai backlink (pranala balik) maka dapat diartikan bahwa backlink memiliki nama lain seperti link masuk dan link keluar.

SatuSEO memiliki definisi backlink yang sedikit lebih lengkap (berbeda) yaitu backlink merupakan suatu bentuk “rekomendasi” atau “referensi” yang diberikan oleh situs lain kepada situs anda (kita).

Jika kita analogikan kata “rekomendasi” dan “referensi” ke dalam kehidupan anda, tentu hal tersebut sangat membantu anda dalam banyak hal. Salah satunya ialah pekerjaan atau bisnis anda. Bayangkan jika pekerjaan atau bisnis anda mendapatkan rekomendasi atau referensi dari orang atau badan yang berpengaruh di Indonesia atau bahkan dunia ? Tentu nilai (value) anda secara pribadi akan meningkat drastis, sehingga menimbulkan efek peningkatan kredibilitas dan trust kepada anda.

apa itu backlink Analogi Rekomendasi

analogi rekomendasi dan referensi

Namun yang perlu anda perhatikan adalah rekomendasi untuk anda tersebut harus anda dapatkan dari seseorang atau badan tertentu yang relevan dengan tujuan pencapaian anda atau relevan dengan diri anda. Misalkan anda ingin melamar menjadi Dosen , namun rekomendasi yang anda dapatkan berasal dari orang yang tidak ada sangkut pautnya di bidang pendidikan. Tentu hal tersebut akan sia-sia belaka, dan tidak berpengaruh pada CV anda.

Apa itu backlink harus relevan

Apa itu backlink harus relevan

Begitu juga dengan situs, backlink / rekomendasi dari situs lain yang diarahkan ke situs anda. Sebaiknya relevan, minimal artikel atau blog dari asal link keluar tersebut relevan dengan pembahasan situs anda. Karena saat ini google selalu menyempurnakan algoritma nya untuk mengenali relevansi backlink yang ada.

Dulu memang semakin banyak backlink maka semakin baik ranking atau posisi yang didapatkan di mesin pencari, kalau sekarang tidak begitu, semua berkaitan dengan relevansi. Justru situs yang memiliki banyak backlink “sampah” (artinya situs yang mendapatkan backlink tidak relevan dan berasal bukan dari situs dengan trust dan kredibilitas yang baik) akan dianggap situs spam atau situs yang tidak diberikan posisi / ranking terbaik di mesin pencari.

Jenis Jenis Backlink

Setelah anda memahami mengenai definisi backlink atau arti backlink dengan menjelaskan secara analogi apa itu backlink yang diselaraskan dengan kehidupan sehari hari. Sekarang, SatuSEO akan memberi tahu kepada anda bahwa terdapat beberapa jenis backlink yang anda harus tahu.

Pada artikel lainnya kami sudah membahas mengenai apa itu SEO beserta cara termudahnya menjalankan SEO. Kali ini kami membahas mengenai pengertian backlink yang kami harap anda sudah memahami nya dari penjelasan kami di atas.

Jenis jenis backlink merupakan hal yang perlu anda ketahui karena dengan mengetahui jenis backlink ini anda dapat melakukan filter atau memilah backlink seperti apa yang mau anda tanamkan ke website atau blog anda.

Apa itu Backlink NoFollow

Seperti namanya backlink no follow artinya backlink yang tidak perlu diikuti atau diselidiki lebih lanjut atau diharapkan tidak memiliki efek signifikan terhadap googlebot atau bot mesin pencari lainnya. Efek dari nofollow ini hanya bisa dirasakan oleh pengunjung langsung (manusia) situs anda, karena efek dari nofollow hanya akan menghasilkan pertambahan visitor organic / pengunjung organik situs anda.

Kebanyakan backlink jenis nofollow ini disematkan atau ditempatkan pada forum forum yang memiliki pengunjung besar di Indonesia, salah satu nya seperti kompasiana.

Kembali lagi seperti penjelasan kami mengenai jenis backlink nofollow ini yang tidak memiliki dampak signifikan di mata google, bahkan beberapa pakar SEO menjelaskan bahwa nofollow tidak memiliki efek apapun secara peringkat di mesin pencari google.

Backlink nofollow masih memiliki manfaat jika anda sematkan pada suatu artikel atau postingan di forum dengan tingkat interaksi yang tinggi

Maka dari itu anda harus mulai memilah backlink atau melihat jenis backlink tersebut apakah worth it untuk menanamkan nya menuju situs anda atau tidak.

Apa itu Backlink DoFollow

Sesuai dengan namanya Backlink Do Follow memiliki arti bahwa bot dari mesin pencari (dalam hal ini googlebot) dapat mengikuti alur link tersebut menuju ke situs apa secara jelas. Efek dari backlink jenis ini memiliki 2 manfaat yaitu manfaat yang didapatkan untuk mesin pencari dan manfaat yang didapatkan untuk pengunjung.

Positif dan Negatif nya Backlink DoFollow

Semakin baik backlinks dofollow nya maka akan semakin baik pula efek atau manfaat yang akan dirasakan.

Baik di sini terdiri dari beberapa hal, diantaranya :

  1. Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) situs anda
  2. Meningkatkan Trust atau kredibilitas situs anda baik di mata mesin pencari ataupun di mata pengunjung
  3. Meningkatkan pengunjung situs anda

Tetapi tidak semua baclink dofollow memberikan efek positif seperti yang kami sebutkan di atas, bahkan backlink tipe ini pun bisa memberikan efek yang negatif, jika :

  1. Backlink berasal dari situs dengan konten negatif seperti porno
  2. Backlink berasal dari situs yang sudah deindex (sudah tidak masuk di laman mesin pencari)
  3. Backlink berasal dari situs SPAM
  4. Backlink berasal dari situs yang sering memberikan informasi HOAX
  5. Backlink berasal dari situs baru yang belum terindex mesin pencari

Sekian pembahasan mengenai pengertian, definisi, arti dari apa itu SEO hingga kepada jenis, perbedaan, dan manfaat dari backlink itu sendiri. Kami harap anda setidaknya sudah mulai aware akan kualitas backlink yang ingin anda gunakan. Selalu berhati hati terhadap “supplemen” yang anda berikan untuk situs anda, karena bisa jadi “supplemen” malah menjadi “racun” bagi situs anda.